Pengertian atau Makna Rukun Iman

12 Mei

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala ali sayydina muhammad.
Alhamdulillah, saya bisa sempat memposting Artikel lagi dan kita bisa bertemu lagi dengan kalian itu karena atas ridhonya Allah SWT yang telah mengizinkan kita untuk melihat blog ini lagi. Sekarang ini saya akan membuat artikel yang berjudul Makna Rukun Iman, dengan artikel ini mudah-mudahan iman kalian meningkat kepada Allah SWT.

Rukun Iman Artinya adalah Rukun Percaya artinya kita harus mempercayai atas apa yang di katakan Allah SWT melalui nabi-nabinya.

Rukun Iman itu ada 6 yaitu :
1. Iman kepada Allah SWT. Artinya kita harus percaya kepada Allah SWT bahwa allah benar-benar ada termasuk ciptaannya dan segala sesuatu yang terjadi itu semua sudah di atur Allah SWT dan kita harus menerimanya dengan se ikhlas mungkin.
2. Iman kepada malaikat-malaikatnya Allah, Artinya kita harus percaya bahwa malaikat benar-benar ada. ada yang wajib di ketahui oleh kita yaitu 10 malaikat : 1.jibril, 2. mikail, 3. Isrofil, 4. ijro’il, 5. Munkar, 6. Nakir, 7. Rokib, 8. Atid, 9. Malik, 10. Ridwan. dan itulah nama-nama malaikat yang wajib kita ketahui adanya.
3. Iman kepada kitab-kitabnya Allah, artinya kita harus percaya bahwa kitab-kitabnya allah benar-benar ada(Maksudnya adalah kitab yang langsung di turunkan oleh allah kepada nabi-nabinya). nama kitab yang di maksud itu ada 4 : 1. Zabur, 2. Taurat, 3. Injil, 4. Al-qur’an.
4. Iman kepada Rosul-Rosulnya Allah, kita harus percaya pada Rosul-Rosulnya allah Swt, bahwa allah mengutus nabi dan Rosul untuk mengenalkan kita kepada-Nya dan jika kalau tidak ada utusannya, maka kita tidak akan mengenal Agamanya Allah, Agama yang terakhir adalah agama islam, semua orang yang ada dunia harus beragama islam sebab agama islam adalah agama terakhir yang di turunkan oleh allah.

5. Iman kepada hari qiamat, artinya kita harus percaya bahwa kelak bumi ini akan di hancurkan dan semua alam semesta pun akan di hancurkan. Oleh karena itu bagi anda yang belum tobat, maka segeralah bertobat sebelum terlambat.

6. Iman Kepada Qodo dan Qodar, Artinya kita harus percaya bahwa qodo dan qodar pun benar benar ada. dan kita harus mempercayainya.

Keterangan :
Bila kita tidak mengimanni atau tidak mempercayain salah satu dari bagian rukun Iman tersebut, maka kita tidak di sebut umat islam alias kafir. Bila kita ingin disebut umat islam maka kita harus mempercayai ke 6 bagian rukun iman tersebut.

Nb : Untuk mengetahui secara detail maka anda harus mengaji ataupun mesantren ke pesantren yang sangat terpercaya akan ilmunya.

Sekian ulasan singkat makna rukun iman, bila ada kesalahan maka berkomentarlah kalian. Dengan berkomentar saya bisa memperbaiki artikel yang kurang tepat.
Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: