Mengenal Makna Rukun Islam

11 Mei

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Rukun Islam adalah rukun agar kita terlihat umat islam yang sesungguhnya dan bukan islam KTP.

1. Syahadat : Asyhadu anlaa ilaaha illallaah Wa Asyhadu anna muhammaddarrosulullaah
Artinya : Aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang aku sembah selain Allah SWT dan nabi muhammad SAW adalah utusan allah. Untuk menyebarkan agama islam.

Rukun Islam yan ke satu adalah sahadat, bahwa kita sudah ber-ikrar kepada Allah SWT , bahwa agama islamlah yang patut kita pelajari dan memeluknya. Karena Agama Allah SWT yang maha sempurna adalah agama islam, dan itu sangat di sarankan kepada agama-agama lain untuk memeluk agama islam(WAJIB). Kita yang sudah beragama islam apakah sudah ber-ikrar kalimat Syahadat?, jika belum maka berikrarlah kalian, untuk menjadi memeluk agama islam yang seutuhnya.

2. Shalat
Shalat adalah suatu rukun islam yang kedua, yang maknanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Karena Shalat itu sangat wajib, ‘ di kerjakan dapat pahala dan kalau tidak di kerjakan dapat dosa’. Maka dari itulah kita sebagai umat islam maupun yang baru memeluk dan yang sudah beragama islam dari lahirnya harus melaksanakan shalat, bagi anak-anak harus cepat perintahkan shalat dari sekarang, agar terbiasa. Nah kalau sudah terbiasa maka kita sebagai orang tua tidak perlu susah lagi untuk memerintah anak kita untuk shalat karena sudah terbiasa.

3. Zakat
zakat merupakan rukun islam yang ketiga dan hukumnya wajib. Kita sebagai umat islam harus berzakat, karena rizqi kita tidak hanya milik kita sendiri, tetapi sebagiannya milik orang miskin atau tidak mampu yang pantas kita beri. Zakat membersihkan harta-harta kita yang haram, maupun itu barang ataupun uang.

4. Puasa
Puasa merupakan rukun islam yang ke empat dan wajib hukumnya. Puasa Wajib di laksanakan satu tahun sekali pada bulan ramadhan, dan kita sebagai umat islam harus puasa pada bulan ramadhan selama sebulan. Bila kita tidak melaksanakan puasa Wajib 1 hari saja, maka kita harus meng qodonya dan jika kalau tidak mengqodonya maka kita akan mendapatkan dosa karena tidak mengqodo puasa wajib itu.

5. Pergi haji ke baitullah
Pergi haji ke baitullah merupakan rukun islam yang ke lima dan wajib hukumnya(bagi yang sudah mampu).

Segitu saja ulasan singkat tentang rukun islam, jika ingin memperdalamnya kita harus mengaji ataupun mesantren.

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: